Sekedar laman tempat menulis catatan-catatan harian dan 'mengikat ilmu dengan menuliskannya'.

Memaksimalkan Fungsi Aplikasi Office / Perkantoran (Bag.3)

No comments

Setelah sebelumnya dibahas tentang bagaimana membuat definisi jangkauan sebuat basis data, penggunaan fungsi SUM dan IF, kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang perluasan penggunaan fungsi IF. Kalau sebelumnya di bag-2 dengan contoh penggunaan fungi IF secara sederhana dengan hasil keluaran berupa text. Kali ini kita coba sedikit memaksimalkan fungsi IF dengan keluaran berupa text maupun data angka hasil dari operasi matematika. Format fungsi IF bisa ditulis dengan cara =IF(Pengujian;Nilai_maka atau true;Nilai_selain itu atau bernilai false)


Kali ini kita buat contoh sederhana misal kita buat tabel untuk jurnal kas harian sederhana seperti tampak sebagai berikut :


fungsi IF


Logika sederhana yang kita gunakan adalah, Saldo sama dengan saldo sebelumnya ditambah mutasi debet dan atau mutasi kredit. Dalam hal ini kita menggunakan akun kas yang secara sistem akuntansi bersaldo Debet dan setiap perubahan mutasi bersaldo debet akan menambah saldo kas, dan setiap perubahan mutasi kredit akan mengurangi saldo Kas, Jadi fungsi operasi matematikanya dapat kita tulis dan sederhanakan seperti ini Saldo sekarang = saldo sebelumnya + (mutasi debet - mutasi kredit). Maka penggunaannya dan tabel Kolom Saldo (E)> seperti pada contoh di atas misal di cell  (E10) kita ingin mengetahui saldo akhir mutasi Nomor 7 makan fungsi yang digunakan =IF(C10&D10="";"";((E9+(C10-D10)))) yang makna nya 'bila kolom debet dan atau kredit tidak ada data atau mutasi maka saldo tidak nampak, jika ada mutasi debet dan atau kredit maka saldo sekarang adalah saldo sebelumnya E9 + (debet(C10) - kredit(D10) . Untuk contph dengan hasil keluar text bisa dilihat di kolom F sebagai nilai posisi saldo D/K kita bisa buat fungsi sebagai berikut =IF(E10="";"";(IF(E10>=0;"D";"K"))) yang artinya bila kolom saldo D10 tidak ada nilainya maka tidak ada penulisan text di kolom tsb, jika tidak maka (jika kolom saldo E10 lebih besar dari 1, maka keterangan bersaldo D, bila tidak bersaldo K. Fungsi IF masih bisa dikembangkan untuk menangani pengujian yang lebih kompleks serta dipadu fungsi-fungsi yang lain lagi sesuai kebutuhan.


Sederhana pemahaman dasarnya seperti itu, mudah-mudahan bisa dipahami. Selanjutnya akan coba kita cuma bahas pemanfaatan pemaksimalan fungsi-fungsi dasar aplikasi spreedsheets yang akan sering sekali dipergunakan dalam penangan basis data tabulasi baik berupa operasi matematika dan lainnya seperti fungsi SUMIF, OR, LOOKUP, REF dll.


Untuk mencoba memahami silahkan file contoh bisa diambil di sini. Semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment