Sekedar laman tempat menulis catatan-catatan harian dan 'mengikat ilmu dengan menuliskannya'.

Extension Fungsi Terbilang di OpenOffice SpreadSheet

4 comments

Setelah sekian lama mencari solusi untuk menggunakan fungsi terbilang untuk OpenOffice di Ubuntu Lucid. Maklum setelah menyelingkuhi Windows kan sekalian menyelingkuhi MS Office. Selama berjalan dengan MS Office sehari-hari pekerjaan yang di lakukan di atas Excel mengharuskan menggunakan fungsi terbilang yang menggunakan VBA, maklumlah pekerjaan ane kemarin berhubungan langsung dengan "pengelolaan currency".Dan telah berulang kali mencoba menjalankan fungsi terbilang VBA yang biasa ane pakai di Excel ternyata belum berhasil digunakan OO Spreadsheet.


ooterbilang


Akhirnya ane menemukan solusinya di paparan frijal.com. Bahwasanya di OO ada extension konversi angka ke fungi terbilang yaitu numbertext. Berikut kutipan dari frijal.com yang sudah ane coba di OO Spreadsheet versi 3.2 Ubuntu Lucid ane. Berjalan dengan lancar, simpel dan ga ribet buat modul lagi di macronya.


""  Salah satu kekuatan OpenOffice adalah adanya extension yang memungkinkan kita menambahkan fitur-fitur tertentu untuk OpenOffice. Nah untuk melakukan konversi dari angka ke teks ternyata ada extensionnya, yaitu NUMBERTEXT/MONEYTEXT.


Extension numbertext/moneytext awalnya dikembangkan dari fungsi bahttext yang terdapat di spreadsheet M$ Excel untuk mengkonversi bilangan dan mata uang Thailand, yang distandarisasi dengan ECMA–376 and ISO/IEC 29 500:2008 Office Open XML format.


Extension numbertext/moneytext sendiri menggunakan bahasa pemrograman Soros. Soros menggunakan aturan regex untuk melakukan konversi dari angka ke teks dan konversi rekursif lainnya berdasarkan urutan karakter yang memiliki kesamaan. Keterangan lebih lanjut mengenai numbertext/moneytext dan soros dapat dilihat di  http://numbertext.org/#about Sedangkan versi terbaru dari numbertext/moneytext bisa di download di  http://extensions.services.openoffice.org/project/numbertext


Numbertext/moneytext menggunakan rules yang berdasarkan regex untuk melakukan konversi dari angka ke teks. Rules untuk tiap bahasa yang didukung oleh numbertext/moneytext bisa dilihat di  http://numbertext.org/Soros.html Rules untuk bahasa Indonesia juga bisa dilihat di situs tersebut.


Contoh penggunaan untuk numbertext:



Misalnya sel B3 berisi data angka : 123.456.789
Di sel C3 kita tuliskan : =NUMBERTEXT(B3;”id_ID”)
Hasil dari rumus tersebut di cel C3 : seratus dua puluh tiga juta empat ratus lima puluh enam ribu tujuh ratus delapan puluh sembilan
Penulisan rumus/fungsi bisa dijabarkan sebagai berikut: =NUMBERTEXT(angka atau sel;”kode bahasa”)

Perhatikan bahwa rumus tersebut menghasilkan teks dlm format lowercase. Kita bisa memodifikasinya dengan menggabungkannya dengan rumus =PROPER().



Sehingga penulisannya di sel C3 menjadi :
=PROPER(NUMBERTEXT(B3;”id_ID”)) dan output yang dihasilkan akan menjadi: Seratus Dua Puluh Tiga Juta Empat Ratus Lima Puluh Enam Ribu Tujuh Ratus Delapan Puluh Sembilan

Contoh penggunaan untuk moneytext:



Misalnya sel B7 berisi data angka : 123.456.789
Di sel C7 kita tuliskan : =MONEYTEXT(B7;”IDR”;”id_ID”)
Hasil dari rumus tersebut di cel C3 : seratus dua puluh tiga juta empat ratus lima puluh enam ribu tujuh ratus delapan puluh sembilan rupiah
Penulisan rumus/fungsi bisa dijabarkan sbb: =MONEYTEXT(angka atau sel;”kode mata uang”;”kode bahasa”)

Perhatikan bahwa rumus tersebut menghasilkan teks dalam format lowercase. Kita bisa memodifikasinya dengan menggabungkannya dengan rumus =PROPER().



Sehingga penulisannya di sel C7 menjadi :
=PROPER(MONEYTEXT(B7;”IDR”;”id_ID”)) dan output yang dihasilkan akan menjadi : Seratus Dua Puluh Tiga Juta Empat Ratus Lima Puluh Enam Ribu Tujuh Ratus Delapan Puluh Sembilan Rupiah

Extension NUMBERTEXT/MONEYTEXT sudah di tes di OpenOffice bawaan Ubuntu LTS, BlankOn Ombilin dan OpenOffice vanilla dari situs openoffice.org dan mungkin juga bekerja di turunan OpenOffice lainnya. ""


Semoga bermanfaat

4 comments :

  1. text nya d sel/baris berikutnya gimana biar nggak ngumpul disitu....
    memanjang textnya gitu...thx

    ReplyDelete
  2. THANKS BUANGET....BANTU KERJAANQ

    ReplyDelete
  3. Tinggal disesuaikan pengaturan format text alignment nya....

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banget, sangat membantu.

    ReplyDelete