Sekedar laman tempat menulis catatan-catatan harian dan 'mengikat ilmu dengan menuliskannya'.

Memaksimalkan Fungsi Aplikasi Office / Perkantoran (Bag.1)

No comments

Secara umum aplikasi dasar yang wajib ada di dalam setiap setiap sistem operasi komputer saat ini bagi setiap pengguna umum adalah aplikasi office sebagai pengolah data dan kata serta aplikasi multimedia, selebihnya opsional sesuai kebutuhan. Kali ini akan berbagi sedikit hal pemaksimalan fungsi-fungsi dalam aplikasi office khususnya aplikasi office spreedsheet. Karena umumnya aplikasi office spreedsheets lah yang umum digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari.


Aplikasi pengolah data dan angka dalam tabel dikenal dengan aplikasi spreedsheets. Mulai dari aplikasi berlisensi berbayar yang umum dikenal adalah buatan Microsoft mulai dari yang kita kenal dahulu Lotus123, MS Excel 98,2000,2007,2010 dsb. Untuk aplikasi office spreedsheet open sources ada opsi mulai dari OpenOffice Spreedsheets, Gnumeric, LibreOffice Spreedsheets, dll.


Kali ini yang coba digunakan adalah aplikasi office LibreOffice yang telah dicustom menggunakan bahasa pelokalan bahasa Indonesia di atas sistem operasi karya bangsa sendiri juga yaitu BlankOn 7 Patimura. Kenapa memakai bahasa Indonesia? Salah satunya karena semangat kecintaan akan bangsa sendiri. Dan disitulah kelebihannya open sources lebih flexsibel untuk dikembangkan lagi oleh banyak pengguna. Memang di awal akan sedikit kesulitan karena harus menyesuaikan penggunaan menu yang berbeda karena berbahasa Indonesia, tapi selanjutnya akan memudahkan dalam lebih memahami dan memaksimalkan aplikasi office ini. Ini pun didorong semangat penggunaan aplikasi opensources. Semua aplikasi bagus baik yang lisensi berbayar maupun opensources. Bila ketidakadaan sumber daya untuk menggunakan aplikasi berbayar yang lumayan, lebih baik mari gunakan aplikasi opensources dari pada harus melakukan tindakan illegal memakai aplikasi yang lisensi nya harus dibajak agar dapat digunakan.


Berikut sekital tampilan setting format dan fungsi Aplikasi LibreOffice di BlankOn7 dengan pelokalan bahasa Indonesia




[caption id="" align="aligncenter" width="300"]Setting format cell LibreOffice spreeedsheets Setting format cell LibreOffice spreeedsheets[/caption]

[caption id="" align="aligncenter" width="360"]tampilan fungsi-fungsi di LibreOffice spreedsheets tampilan fungsi-fungsi di LibreOffice spreedsheets[/caption]

Bagaimana dengan tampilan yang menggunakan menu pelokalan bahasa Indonesia? tentunya akan lebih mudah untuk mempelajarinya bukan?


Baik pada tulisan berikutnya akan kita lanjutkan dengan pengenalan fungsi-fungsi dasar yang umum digunakan. Semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment