Sekedar laman tempat menulis catatan-catatan harian dan 'mengikat ilmu dengan menuliskannya'.

Membuat Client Home Page EasyhotSpot

6 comments
Panduan easyhotspot berikut ini adalah, bagaimana mempercantik tampilan login page  pada easyhotspot. Bagaimana membuat client homepage tampilan awal sebelum client diarahkan ke halaman prelogin.

Halaman yang dibuat bisa berupa halaman statis atau dinamis. Untuk halaman statis bisa cukup menggunakan satu halaman html biasa. Untuk membuat halaman html biasa bisa pakai KompoZer. Untuk membuat halaman yang lebih dinamis bisa pakai CMS yang opensouces seperti Wordpress ataupun Joomla. Tinggal kita berkreasi membuat tampilan sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Semakin menarik tampilan akan memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Dan harus diperhatikan jangan lupa untuk menempatkan atau membuat link untuk pre login EasyhotSpot nya, untuk yang masih menggunkan chillispot seperti saya tinggal buat link untuk diarahkan ke http://192.168.182.1:3990/prelogin. Dan sebagai catatan tambahan, untuk permalink cms arahkan ke IP easyhotspot, jangan diarahkan ke localhost atau 127.0.0.1.

Halaman client home page baik yang menggunakan html biasa ataupun cms tersebut direktori domainnya cukup diletakkan di localhost server easyhotspot, di /var/www/, tentukan pula permissionnya. Setelah selesai semua, tinggal ubah konfigurasi chillispotnya. Masuk ke menu admin easyhotspot, ubah konfigurasi chillispot, masukkan alamat client home page yang telah dibuat , sebagai contoh " http://192.168.182.1/wordpress" kemuadian tambahkan uam allow untuk mengijinkan client membuka domain wordpress yang kita buat tadi dan simpan konfigurasi baru yang telah dibuat. Setelah beres tinggal kita restart chliispotnya dengan perintah # sudo /etc/init.d/chillispot restart.

Untuk mencoba keberhasilan tampilan client homepage easyhotspot, dari sisi client tinggal kita koneksikan ke server easyhotspot baik via lan ataupun wireless, lalau masuk ke browser dan lakukan ping, lihat hasilnya.

Berikut contoh tampilan client homepage di server easyhotspot yang telah saya buat dengan mengunakan cms wordpress dan ditambahkan theme smell-like-facebook, sengaja dipilih theme kloning facebook agar lebih menarik client dan terlihat berbeda dengan kompetitor, hemmmm.

[caption id="attachment_272" align="aligncenter" width="300" caption="screenshoot client homepage eayhotspot"]screenshoot client homepage eayhotspot[/caption]

Selamat berkreasi.

6 comments :

  1. sebelum'a terimakasih atas share info'a. kebetuan saya juga lagi nyari cara ganti hompage client easyhotspot. dari penjelasan diatas saya masih kurang mengerti.
    kalo boleh saya minta tutorial'a lebih detail.ini alamat email saya tio_278@yahoo.com
    Thanks

    ReplyDelete
  2. cukup sederhana sebenarnya, cukup buat folder buat client homepagenya, untuk contoh di atas saya pakai cms wordpress, dan diletakkan di folder local, di .../var/www/"nama_foldercmsnya", dan agar client pada pralogin didirect ke halaman yang kita buat tadi edit chillispot.conf, arahkan ke halaman yg telah kita buat tsb, dan buat juga link menuju halaman login http://192.168.182.1:3990/prelogin di halaman tadi.

    kemudian restart chillispot "#sudo /etc/init.d/chillispot restart"
    kalo halaman login mau di custom tinggal custom "hotspotlogin.cgi", kalo sdh pakai coova lebih mudah lagi karna halaman lohinnya pakai php.
    untuk jelasnya bila pakai chillis dari forum
    kalao sdh pakai chova coba buka topik forum

    ReplyDelete
  3. mas. saya pemula dalam bidang hotspot. memakai easyhotspot pun baru kali ini.
    saya sangat tertarik dengan tutor mas ini. tapi saya masih bingung.
    bisa di arahkan step by step gak mas.
    mungkin pertama kita harus berbuat apa dulu. setelah itu apa dan apa gitu. plus screen shoot nya ya mas kalo bisa.

    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  4. Mas, mau tanya:
    1. yg di skrinsut itu 'client homepage' & 'allowed url' nya diisi apa aja tuh? ga kebaca..kepotong gambarnya. Klo sy ga salah liat, di kolom 'client homepage' diisi : http://192.168.182.1/rioshotspot. Trus di kolom 'allowed url' diisi : www.gravatar.com & apa tuh ga jelas tulisannya? Maksud pertanyaan saya, klo client homepagenya misalnya http://192.168.182.1/wordpress, di kolom allowed urlnya harus diisi apa aja? Soalnya di skrinsut di atas, ko ada 'www.gravatar.com' segala.
    2. client homepage yg di skrinsut itu bikinnya dimana mas? apakah bikin blog dulu di wordpress trus setelah jadi di-save page as dgn format 'web page html only', kemudian disimpen di .../var/www/..., ataukah bikin homepagenya di localhost?

    ReplyDelete
  5. 1. di client homepage tsb disi dgn domain / nama folder yang di instalkan cms, kebetulan pakai wordpress dan instalasinya ane taruh dan beri nama foldernya rioshotspot, fungsi client homepage adalah alamat yang akan dikunjungi oleh client pralogin / pertama kali konek ke server, jadi client kalau belum login trus maksa ping ke alamat mana saja, oleh server pasti akan di direct ke client hompage yg kita buat td, jadi kiita isikan client homepage ke alamat ip server folder wordpress yg dibuat,
    sdgkan fungsi alowed url adalah alamat / domain yang diijinkan oleh server diakses walau client belum login, kebetulan cms wordpress yg ane buat kan ane tambahin icon gravatar, jadi supaya icon gravatarnya bisa kebuka oleh client pralogin ane tambahin jg akses ke www.gravatar.com, yang perlu diisi di allowed url ya selain alamat cilent homepage tadi bisa juga ditambahin alamat mana saja client diijinkan akses walau belum login hotspotnya dgn menambahkan karakter koma ",", misal ente pengen calon klient ente bisa akses ke blog ente di hosting dari luar walaupun mereka belum login tinggal tambahin allowed url contoh : allowed urlnya : http://192.168.182.1/wordpress, http://www.blogente.com, http://www.facebook.com/idente,dll.
    kalau clienthomepagenya http://192.168.182.1/wordpress ya uam allow nya jg harus http://192.168.182.1/wordpress supaya semua clinet bisa didirect ke sana bung kalau pertama kali konek.
    2. ga bisa main copy paste bung, harus di install dong wordpress nya, installnya ya di localhost server hotspotnya, localhostnya serverya ya di folder ../var/www/, dan tidak mesti pakai wordpress bisa pakai cms lain macam joomla atau drupal, mau paket halaman statis pake .html juga boleh bikinya bisa pakai bantuan kompozer atau dreamwver, dan tentu ya ditaruh juga di localhost server, web server localhost itu ya di folder ../var/www/

    ReplyDelete
  6. saya sangat tertarik, kalau boleh mnta tlong saya butuh tutornya mulai dari awal persiapan aplikasi yang harus ada, instalasi dan konfigurasinya...karena saya masih dlam tahap belajar nih.... klo bs krim via email

    ReplyDelete