Sekedar laman tempat menulis catatan-catatan harian dan 'mengikat ilmu dengan menuliskannya'.

Install Adobe Flash Plugin di Linux

No comments

Salah satu plugin yang biasanya wajib ditambahkan di setiap browser adalah flash plugin. Fungsi dari plugin ini adalah untuk menampilkan atau menjalankan konten atau laman web berupa video ataupun gambar animasi, youtube adalah salah satu contoh situs web yang memerlukan flash plugin untuk memutar aplikasi video.


Di setiap varian linux, distro apapun di repo umumnya sudah disediakan instalasi flash plugin, cukup tinggal apt-get update dan apt-get install. Tapi salah satu cara paling sederhana dan teribilang mudah, langkah pertama kita bisa unduh langsung flash player di http://get.adobe.com/flashplayer/ versi terakhir tinggal kita sesuaikan untuk browser apa yang kita gunakan dan tipe eksistensi versi apa yang nanti yang akan kita gunakan. Kali ini sebagai contoh saya menggunakan Ubuntu 12.04 dan browser Mozilla dan mengunduh installer berupa .tar.gz.


Kemudian ekstrak installer dan untuk mudahnya letakkan di direktori home. Setelah di ekstrak kita akan temukan satu folder usr, dan file libflashplayer.so serta readme.txt. Nah sebenarnya cukup ikuti petunjuk di dalam file readme.txt installasinya. Tapi sederhananya kita cukup buka sistem berkas $ sudo nautilus , copy file libflashplayer.so tsb dan tempel atau letakkan ke dalam direktori /usr/lib/firefox/plugins/ (contoh bila memasang flash plugin di Mozilla Firefox, browser lain tinggal disesuaikan).


Setelah selesai buka browser Mozilla, sekarang flash plugin telah terpasang, coba buka laman web yang mengaharuskan mengaktifkan flash plugin tersebut.


Selamat mencoba, semoga membantu dan bermanfaat.

No comments :

Post a Comment