Sekedar laman tempat menulis catatan-catatan harian dan 'mengikat ilmu dengan menuliskannya'.

Memaksimalkan Fungsi Aplikasi Office / Perkantoran (Bag.2)

1 comment

Kali ini kita akan memaksimalkan fungsi dasar yang umumnya akan sering digunakan dalam aplikasi office spreedsheet, baik untuk aplikasi MS Excel maupun OpenOffice dan LibreOffice, penggunaannya kurang lebih sama. Fungsi yang akan kita gunakan ada lah fungsi SUM (penjumlahan), IF (logika 'jika), dan membuat definisi jangkauan dari sebuah data cell.


Definisi jangauan adalah penamaan sebuah lajur data baik baris atau kolom, dengan mendifinisikan dengan sebuah nama akan memudahkan tanpa harus memblok sebuah range data. Caranya masuk -- Data --> Buat definisi jangkauan, bila menggunakan Excel atau yang lainnya masih menggunakan menu bahasa default silahkan disesuaikan.




[caption id="" align="aligncenter" width="280"] setting definisi jangkauan[/caption]

Pada contoh sederhana di atas, misal akan memberi nama definisi dari setiap nama siswa untuk nilai-nilai yang diperolehnya di setiap mata pelajaran. Contoh memberi nama definisi jangkauan semua nilai mata pelajaran atas nama sisa jarjit, blok kolom (I3:I9) kemudian beri nama definisi jangkauannya. Jadi setiap ingin memanggil basis data daftar nilai mata pelajaran siswa tinggal menyebutkan nama blok kolomnya masing-masing.


Contoh penggunaan pemanggilan nama definisi jangkauannya, kita ingin mengetahui jumlah total nilai siswa Udin (N3) tinggal buat fungsi SUM, =SUM(udin) fungsi ini sama dengan bila menggunakan =SUM(E3:E9), jadi meringkas pemanggilan fungsi. Sederhana seperti pada contoh di bawah ini:




[caption id="" align="aligncenter" width="280"]contoh fungsi =SUM contoh fungsi =SUM[/caption]

Sekarang bila menggunakan fungsi IF. Fungsi IF digunakan untuk menghasilkan nilai tertentu jika kondisi yang disyaratkan terpenuhi. Contoh misal parameter kelulusan bagi setiap siswa adalah bila total nilai yang diperoleh lebih dari atau sama dengan 550 poin. Contoh apakah Ipin lulus atau tidak (O7) maka kita buat fungsi sebagai berikut =IF((O3>=550);"Lulus";"Tdk lulus") atau dengan cara =IF((SUM(ipin))>=550;"Lulus";"Tdk lulus") artinya, jika O3 atau total nilai Ipin lebih besar atau sama dengan 550 poin maka Ipin dinyatakan Lulus, jika tidak maka dinyatatakan tidak Lulus. Contoh akan tampak seperti di bawah ini:

[caption id="" align="aligncenter" width="280"]contoh sederhana fungsi IF contoh sederhana fungsi IF[/caption]

Untuk mencobanya silahkan unduh file .ods ini

Mudah-mudahan contoh sederhana ini bisa dimengerti. Semoga bermanfaat.

1 comment :

  1. [...] IF, kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang perluasan penggunaan fungsi IF. Kalau sebelumnya di bag-2 dengan contoh penggunaan fungi IF secara sederhana dengan hasil keluaran berupa text. Kali ini kita [...]

    ReplyDelete