Sekedar laman tempat menulis catatan-catatan harian dan 'mengikat ilmu dengan menuliskannya'.

Gnome Power Manager Error

No comments
[caption id="attachment_321" align="alignleft" width="300" caption="gnome power manager error messages"]gnome-power-manager[/caption]

Beginilah tampilan login page ubuntu lucid 10.04 di laptopku.Muncul pesan konfigurasi Gnome Power Manager tidak terinstall dengan benar. Sedikit panik, kenapa tiba-tiba muncul pesan seperti ini saat akan membuka Ubuntu. Sebuah pertanyaan muncul, kesalahan ada di mana kira-kira?.

Mencoba melakukan reboot, hasilnya tetap sama saja. Kemudian coba masuk lewat mode recovery, coba memperbaiki kesalahan setting sistem, ternyata tidak berpengaruh. Mencari info solusi dengan googling, tidak menemukan tread yang benar-benar berhasil. Setiap di paksa reboot akan selalu muncul pesan Gnome Power Manager Error tersebut.

Akhirnya coba mereview kejadian sebelumnya. Sehari sebelumnya, tidak terjadi masalah pada Ubuntu ku. Tapi setelah diingat-ingat sehari sebelumnya sebelum log out sistem, saya melakukan back up sistem Ubuntu Lucid 10.04 menggunakan remastersys. Saya melakukan back up dengan remastersys dengan alasan back up data untuk antisipasi kerusakan sistem karena esok harinya saya rencanakan mengupgrade Ubuntu Lucid 10.04 saya ke Ubuntu Maverick 10.10. Terfikir mungkin disk space file system kepenuhan karena dipenuhi file hasil back up remastersys, sehingga menggangu proses booting. Akhirnya coba cek kapasitas disk. Karena tidak terbiasa bekerja dengan tampilan terminal saya putuskan menggunakan booting menggunakan cd installer Ubuntu 10.04. Setelah berhasil booting menggunakan cd installer ubuntu (tanpa menginstallnya). Cek kapasitas disk, ternyata benar disk space untuk file system ubuntu hanya tinggal sekitar 300MB dan total ruang folder backup remastersys yang dipakai hampir 3G. Akhirnya saya putuskan untuk memindahkan file remastersys ke partisi windows (kebetulan masih dual boot dan partisi untuk windows masih banyak ruang kosong).

Setelah semua file besar yang sudah tidak dibutuhkan lagi di atur ulang. Coba reboot kembali ke sistem ubuntu, alhamdulillah berhasil tanpa adanya pesan error Gnome Power Manager lagi. Sekalian bersih-bersih space pakai BleachBit karena meman sudah lama space tidak dimaintenance.

Jadi bila mengalami hal serupa pada Gnome Power Manager, tidak mesti ada konfigurasi yang rusak, bisa saja karna space yang sudah kepenuhan. Lakukan cek space file system ubuntu.

Semoga sharing pengalaman ini  bermanfaat bagi sesama linuxer terutama newbie seperti saya. Salam.

No comments :

Post a Comment