Sekedar laman tempat menulis catatan-catatan harian dan 'mengikat ilmu dengan menuliskannya'.

Error 501 Not Implemented

6 comments

Error 501 Not Implemented, tertera di browser saat mencoba mengakses ib (internet banking). Kemudian coba kembali mengakses ib bank yang lain ternyata masih mendapatkan problem yang sama. Mencoba alternatif yang lain dengan menggunakan browser yang berbeda ternyata hasilnya sama "Error 501 Not Implemented". Sebagai catatan saya menggunakan operating sistem Ubuntu yang terupdate dalam bahasa Indonesia dengan Mozilla Firefox 3.6.10 sebagai defaul browser. Sempat terfikir apakah ini bugs dari OS di pc saya? error akan terjadi disaat mengakses https? Rasanya bukan bugs karena akses https dari website yang lain masih bisa terbuka.


Informasi dari hasil Googling, ternyata Error 501 Not Implemented ada di masalah pengkodean bahasa. Browser dengan bahasa Indonesia sebagai bawaan tidak support membuka website seperti ini. Jadi untuk mengatasinya, cukup kembalikan default bahasa browser. Buka tool add on browser dan disable kan bahasa Indonesia dan aktifkan kembali English Languanges nya. Begitu pula untuk browser lainnya maupun browser di operating sistem yang lain. Perlakuannya sama cukup mengembalikan default pengkodean bahasa browser. Setelah itu restart brower, maka Error 501 Not Implemented pun teratasi dan bisa mengakses ib kembali.


Sebagai catatan dan saran, kiranya untuk lebih berhati-hati dalam hal mengakses website seperti ib, terutama di pc yang dipakai bersama-sama, karna berhubungan dengan privasi financial. Selalu lakukan penghapusan jejak akses dengan menghapus cache setelah selesai akses ke ib.


Semoga bermanfaat.

6 comments :

  1. saya pake bb dapat permasalahan seperti di atas ternyata ketemu deh permasalahannya.... terimakasih boss artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Berhari-hari setelah aq registrasi ib nggak bisa login ke websitenya, ternyata setelah dibantu kawan dengan mengakses blog ini masalahnya selesai. Terimakasih banyak atas artikelnya, sekaligus ini membuktikan bahwa yang "gondrong" tidak seharusnya selalu diidentikkkan dengan hal-hal yang negatif dan nggak bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. saya mengalami gitu di opera mini hp? penyebabnya ap om

    ReplyDelete
  4. saya tidak tahu persis juga karena tidak pernah menggunakan browser opera, mungkin bisa dicoba upgrade opera mininya dan set ulang ke default pengaturan bahasa nya, karena error 501 biasanya berhubungan dengan setting mod_sec browser

    ReplyDelete
  5. gak ada settingan mod_secnya om haduh.... tapi gini saya punya 2 web berbedah hosting...
    tapi tema sama pluginya sama... tp blog 1nya bisa dikunjungi di opera mini.. tp web 1nya gak bisa... apa settingan mod_securitynya di hostingnya ya?

    ReplyDelete
  6. Putus asa neh,, bbrp situs web saya bisa diakses dr browser hp, tp sebagian error 501, thx buat saranya

    ReplyDelete